EFL Textbook Analysis


Berkembangnya metode pendidikan yang ada menuntut penyesuaian alat tunjang yang dibutuhkan sebagai sarana bahan ajar. Kurikulum mensyaratkan adanya kesesuaian standar kompetensi siswa yang harus diberikan dengan bahan ajar yang digunakan. Di negara Indonesia masih banyak guru yang masih menggunakan buku sebagai sarana penunjang utama, bahkan yang lebih miris merupakan satu-satunya bahan ajar yang dimiliki.
Karena masih tingginya penggunaan buku sebagai bahan ajar serta peruahan kurikulum yang dipakai, tak ayal akan memberi peluang bisnis bagi para penulis dan penerbit. Dengan mudah kita dapat menjumpai buku-buku terbaru yang dijual mulai toko buku loakan (seperti di Pasar Johar dan Stadiun Diponegoro) maupun di toko buku modern yang ada di Mall-mall seperti Gramedia, GunungAgung, Merbabu dll. Semuanya memampangkan bahwa buku mereka telah menerapkan kurikulum teranyar. Tapi, bukan bermaksud mencurigai, apakah benar bahwa mereka telah dengan benar-benar menerapkannya? Atau hanya sekedar menuliskan di cover buku tanpa merubah isi yang ternyata masih mengacu pada kurikulum lama? Oleh dari sebab itu, kita perlu untuk melakukan analisis terhadap buku teks yang akan kita gunakan dalam mengajar.
Berikut ini kami berikan link download untuk artikel berkenaan dengan Analisi Buku Teks khususnya untuk buku Bahasa Inggris. Mudah-mudahan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk download klik di sini atau di sini (dua artikel yang berbeda)